Annyeong haseyo… ^^ selamat datang… ^^ Ahlan wa sahlan… ^^ Wilujeung Sumping… ^^

Suju… Suju… Suju…

Suju…. Suju… Suju…..

^^dierenz is here^^
Ngomongin tentang korea… Lagi-lagi dan Lagi… Kali ini bukan mau bahas tentang drama,, bahasa,, atau buday anya. Tapi… mau bahas tentang SUJU atau Super Junior.

Boyband asal korea yang memulai debutnya di tahun 2005,, tapi die baru mengenal mereka setahun yang lalu lewat lagu SORRY SORRY yang merupakan album ketiga dari Suju. Awalnya ga gitu ngeh sama mereka, secara personilnya banyak pisan euy.. ada 13 orang. Sampe-sampe dulu pernah mikir ni personilnya koq mukanya mirip semua,, ga bisa dibedain,, wkwkwkwkwk

Sampai akhirnya diriku disodorin oleh temanku yang baik hati sebuah reality show yang berjudul Full house dimana Suju ada didalamnya. Di Reality show Full house itu Suju jadi Tour Guide plus harus nyediain home stay untuk 2 turis yang bernama Anya dan Eva. Suju harus memperkenalkan tempat-tempat pariwisata di Korea, keb udayaannya, makanannya, dan masih banyak lagi. Dan yang ngebuatku hampir selalu tertawa adalah tingkah anak-anak Suju yang aneh bin kocak.  Secara nih yaaa.. dari semua member suju yang jago bahasa inggris cuma ki bum aja,, kebayang dong gimana riweuhnya mereka ketika harus berinteraksi dengan Anya dan Ev a.

Nah.. mulailah dari situ… eng ing eng… taraaaaaanggg… aku keracunan suju… huwaaaaaaa… Help me.. >.<

Lama-lama jadi mulai kenal sama personilnya satu persatu. Mulai tau lagu-lagunya. Reality shownya mereka,, dan ternyata… lagu-lagunya suju kebanyak an itu cheerfull.. powerfull.. cocok banget kalo dipake untuk senam,, kekekeke…

Sebelum die memperkenalkan para member Suju,, die akan menjelaskan kosakata yang mungkin terdengar asing,, diantaranya
*Dongsaeng yang artinya adik
*Oppa adalah panggilan untuk kakak laki-laki,, biasanya digunakan oleh adik perempuan
*Hyung adalah panggilan untuk kakak laki-laki, biasanya digunakan oleh adik laki-laki
*Magnae adalah anggota termuda dalam sebuah Grup

Okehhh.. Let’s cekidot…
Dan inilah hasil perkenalanku dengan Suju…

Dimulai dari Leadernya Suju Nama aslinya Park Jungsu,, nick namenya Leetuk

*Ga tau kenapa,, enak aja kalo nyebutin nama Leetuk ini*  Teukie… Teukie.. Teukie.. Tanggal lahir : 1 juli 1983 *paling tua di Suju, maka dari itu Leetuk jadi leader,, hehehehe..* Posisinya di Suju tentu saja sebagai leader dan juga sub vocal. Leetuk bener-bener punya kharisma seorang leader *menurutku loh* Pernah menerima award sebagai leader terbaik diantara leader-leader boyband yang lain. Kalo soal kemampuannya mengurus dongsaeng-dongsaengnya (adik-adiknya yang tak lain adalah memeber suju) ga usah diragukan lagi, udah kebukti karna bisa ngurus 12 adik laki-laki  dan tetap kompak sampai saat ini, walaupun Leetuk  suka dianiaya oleh dongsaengnya,, wkwkwkwkw Seorang leader yang soft-hearted, mudah menangis namun selalu menjadi tumpuan dongsaeng-dongsaengnya tetapi sangat narsis *hehehe* lee teuk juga sering bangun awal untuk bangunin para dongsaeng nya dan jurus andalannya itu water screen, metode nyemprotin air ke wajah para dongsaeng nya.

Next…

Kim Heecul yang punya nickname Heenim 

 

Tanggal lahir: 10 Juli1983. Posisinya di Suju sebagai sub-leader, rapper, dan sub-vocal. Heecul Oppa adalah orang yang lucu dengan gaya selengeaan ditambah pembawaan yang kocak. hee chul ini paling asyik kalo di reality show suju, dari EHB,Intimate Note, ahh semua reality show lah kalo gak ada hee chul gak seru. Heecul juga suka bertingkah aneh,, kalo kata anak-anak Suju,, itu karna golongan darahnya AB *apa hubungannya yaa?*  Heecul merupakan Moodmaker of Super Junior  a.k.a berani malu. Golongan darah AB membuat kelakuan Heechul lain dari yang lain, berani memakai baju dengan style yang unik, eksperimen gaya rambut. Tidak mungkin ada dua Kim Heechul didunia ini kata member Suju lainnya, satu saja sudah bikin pusing *hihihihi*. Dengan adanya Heechul maka setiap Variety Show yang menghadirkan Super Junior tidak pernah membosankan dan pasti ada-ada aja tingkahnya.

Next…

HanGeng/Hankyung 


Satu-satunya Personil Suju yang berasal dari China. Nama Chinanya Hangeng dan Nama Koreanya Hankyung. Tanggal lahir: 9 Februari 1984. Posisinya di Suju sebagai lead dancer dan sub-vocal. hankyung ini pinter masak nasi goreng china *lihat di full house eps 4*. hankyung ini sebenernya dah pinter bahasa korea, tapi katanya anak” suju , dia bakal pinter bahasa korea di suasana yang dia nyaman, kalo suasananya dia gak nyaman, yaitu dia akting gak bisa bahasa korea,, wkwkwkwkk

Sweet adorable gentleman and also a good child. Sering membuat tertawa dengan misspronounciationnya akan bahasa korea, yang membuat Heechul rajin mengerjai dan mengajari kosakata Korea yang aneh. Memberikan sebagian besar penghasilannya untuk Orangtuanya di China sehingga dapat mmbuka beberapa cabang toko Dumpling, really such a lovely child right?

Next…
Kim Jongwoon yang punya nickname Yesung yang artinya art of voice
Tanggal lahir: 24 Agustus 1984. Posisinya di Suju sebagai lead vocal. suaranya ..jeezz banget deh… ,makanya dia tergabung dalam sub SUPER JUNIOR yaitu Super Junior KRY barengan sama Kyu Hyun sama Ryewook yang notabennya “memiliki vokal diatas rata rata” seperti hee chul , ga ada yesung di reality show suju juga gak seru. karena tingkahnya yesung ini bikin ngakak, di EHB dia selalu jadi contoh suatu percobaan, dan suka bertingkah laku aneh. Invisible leader, itulah Yesung. Oppa yang satu ini selalu berada disamping leetuk untuk membantu sang Leader Suju mengurusi member-member Suju yang lain… Good Job Oppa.. Meskipun memiliki ukuran kepala terbesar dan tangan terkecil *peace Yesung Oppa* Yesung merupakan salah satu lead vocal dengan suara yang `beautiful`. Entah berapa oktaf nada yang mampu dicapainya saat interlude lagu Neurago *yang dia sampai berlutut itu loh*. Walaupun sampai sekarang dia masih menyandang predikat sebagai member Suju yang kurang dikenal, namun selalu berusaha menampilkan yang terbaik dalam Variety show yang dijalaninya. But still, his voice is AMAZING *sambil dengerin OSTnya Cinderella sister – It has to be you-* yang nyanyiin Yesung loohh..

Next…

Kim Youngwoon yang punya nickname Kangin 

 


Tanggal lahir: 17 Januari1985. Posisinya di Suju sebagai sub-vocal. Termasuk salah satu member super junior yang hobi ngomong kalo interview, dan sedikit `ember`.  Member paling kuat di super junior, sering mem-bully hyung dan dongsaengnya. Pernah terpilih sebagai 10th menantu idaman di Korea karena kekuatannya untuk menggendong mertuanya disaat mereka sudah tua *hahahaa.. LoL* Berpasangan dengan Leeteuk merupakan couple paling terkenal di suju, bisaa disebut Kangteuk couple.
Dibalik kegarangannya *bwah* Kangin merupakan pribadi yang sangat memperhatikan dan rela berkorban untuk dongsaengnya. Kalau Leeteuk adalah `mother`nya Suju, maka Kangin adalah `father`nya. Moodmaker Suju juga, ibaratnya –Kalo Ngga Ada Gw Ngga Rame- mampu menaikkan tingkat PD anak Suju untuk ikut berbuat gila..

Next…

Shindong 

 


Tanggal lahir: 28 September 1985. Posisinya di Suju sebagai lead dancer dan rapper. Member Suju yang dari jauh bisa dikenali keberadaannya karena ukuran badannya yang besarrr…… Don`t Judge The Book by The Cover.. Itulah kesan yang akan muncul setelah kita mengenal Shindong, dia ternyata jago menciptakan koreografi-koreografi di lagu Suju lho. Dihampir semua koreo album 1st dan 2nd dia ikut terlibat dalam arrangementnya dan menjadi salah satu Lead Dancer. Selain itu kemampuannya dalam bercasciscus sebagai DJ radio dan MC tidak perlu diragukan lagi.

Next…

Inilah dia…
Member favoritqu di Suju… Nae Nampeyeon *langsung didemo ELF sejagat raya*

Lee sungmin yang punya nickname Minimi.


Tapi die lebih senang memanggilnya umin,, kekekeke…
Tanggal lahir: 1 Januari 1986. Posisinya di Suju sebagai lead vocal. Penyuka warna pink.


barang apa aja dari baju,tas, tempat minum,jam,stiker,topi,apa aja deh yang warnanya pink dia beli. Member dengan incharge of Aegyo atau cuteness. Sering banget menampilkan pose-pose lucu nan menggemaskan sampe-sampe anak kecil aja kalah imutnya,, Kyaaaa..!!

Punya nickname Danhobak단호박 atau sweet  pumpkin karena hobinya makan buah ini. *qt samaan Umin Oppa,, wuahahaha.. senangnya*  Jago masak dan suka beres-beres, enggak hanya rasa makanan yang diperhatikan tetapi juga keindahan potongan dan penataan masakannya. *Ckckckckck sampe segitunya* Ga heran kalo Umin dijuluki Mr. Perfectionist sama member Suju yang lain. Setelah rilis album Sorry Sorry, umin naik `pangkat` menjadi salah satu lead vocal Suju yang sebelumnya digawangi oleh Sub Grup KRY.. his dream is becoming a musical actor. he’s usually shining shyly but brightly on stage. he doesnt show or talk much of himself. Dan yang paling kocak menurutku adalah… he wears one-piece dress while sleeping??? Wkwkwkwkwk umin Oppa aya-aya wae…

Cute but Strong, itulah Sungmin. Siapa yang mengira pecinta warna pink dan doraemon ini expert bermain martial arts *jadi jangan ada yang berani macem-macem sama Umin Oppa,, bisa-bisa nanti diserang dengan jurus maut ala Bruce Lee atau Jackie Chan,, wkwkwkwkw*

Selain itu.. Umin juga piawai bermain gitar dengan suara yang begitu delicate.

Selalu bertingkah cute dan innocent namun tidak terperangkap dalam image cute itu sendiri.

Sungmin Oppa itu cute aegyo prince


disamping cool manly king


hwaiting pumpkin !!!

*** berhubung umin adalah member favoritku,, jadi photonya paling banyak diantara yang lain,, hehehehe… *

Next…

Lee Hyukjae yang punya nickname Eunhyuk

Tanggal lahir: 4 April 1986. Posisinya di Suju sebagai lead dancer, rapper, sub-vocal. Extremely talented in Rapping and Dancing, Selalu menjadi bahan ejekan member lain namun selalu ditanggapi dengan senyum lebar. Diberi julukan “Dancing machine” oleh member Suju. Kalo Eunhyuk Kolaborasi sama Brandon IMB,, bakalan keren kali ya..


Next…

Lee Donghae yang punya nickname Fishy

Tanggal lahir: 15 Oktober 1986. Posisinya di Suju sebagai lead dancer, rapper, sub-vocal. donghae ini manja. dia selalu bersikap seperti anak kecil di antara orangtuanya member suju lainnya. dan menganggap ortu member lainnya seperti ortu nya sendiri. Mungkin karna donghae ini anak yatim, bapaknya meninggal pas release album TWINS.
A good dancer and a passionate people. Loves  other people and cares them well. Menyayangi orang tua member lain sama seperti menyayangi dirinya sendiri. Benar-benar teman yang baik dengan kepribadian seperti anak umur 5 tahun. Cheerful dan selalu membawa kebahagiaan bagi member lain. Donghae juga jago sulap *liat di MVnya Suju yang Bonamana*

Next…

Choi Siwon

Tanggal lahir: 10 Februari 1987. Posisinya di Suju sebagai sub-vocal. Punya kebiasaan tiap kali ngomong, yaitu: gesture! Alias gerak-gerik tubuh. Bahkan dia dijuluki The King Of Gestures di Super Junior Exploring Human Body! Berasal dari keluarga kaya dengan appa seorang pemilik jaringan supermarket 3 besar di Korea dan ibu seorang diplomat. Merupakan nicest member di Suju, jarang berbuat onar atau mempermalukan yang lain. No comment Buat Siwon Oppa. Emang bener-bener anak yang baik-baik.

Next…

Kim Ryeowook yang punya nickname Wookie

Tanggal lahir: 21 Juni 1987. Posisinya di Suju sebagai lead-vocal. Suara tenornya bener-bener keren waktu dia nyanyi lagu ballad bareng Suju KRY! Suaranya bagus banget! Ryeowook termasuk salah satu lead vocal super junior, dengan suara khas yang agak cempreng melengking. Salah satu lagu super junior dialbum 3rd merupakan hasil kerja ryeowook dan sungmin. Ryeowook ini juga pinter masak. di anggota suju dia selalu pingin di suruh hyung nya masak. tapi dia gak pernah makan masakannya sendiri *lihat di yeoyoomanman*. karena suka masak ryeowook sampe dijuluki tante nya suju. wkwkwk.

Heavenly Voice, suara lah yang menjadi keistimewaan eternal magnae Suju satu ini. Segala sesuatu yang berhubungan dengan music dia jagonya.

Next…

Kim Ki Bum 

 


Tanggal lahir: 21 Agustus 1987. Posisinya di Suju sebagai rapper. Member yang sukses di bidang akting. Kibum oppa ini paling jago bahasa Inggris. (Secara, kan dia pernah tinggal di luar negeri). Merupakan salah satu actor utama Super Junior dan tidak menjadi satupun anggota dari sub-grup karena kesibukannya. Satu-satunya member yang pernah bersekolah formal diluar negeri yaitu Santa Monica, Los Angeles; termasuk cerdas dengan IQ 138.

Mr. Killer Smile. Just by watch his smile, hanya dengan tersenyum dia akan mampu merubah dunia kita. *wuahahaha.. lebaynya* Termasuk orang yang jarang berbicara, hanya duduk diam namun berbicara dengan senyuman. Senyum inilah yang dirindukan para Everlasting Friends  dan Member Suju lainnya selama Kibum vakum dari aktivitas Super Junior. Please quickly back mbum, Super Junior never be Perfect Super Junior again without you.

Next…
Cho Kyuhyun


Tanggal lahir: February 3, 1988. Posisinya di Suju sebagai lead-vocal. Member paling muda di Super Junior atau biasa disebut magnae.  Kyuhyun merupakan member terakhir yang bergabung bersama super junior dan melengkapi SJ dengan sempurna menjadi 13. Dengan suara yang benar-benar indah *really likes his voice*  dan juga tergabung di Suju KRY.
Nggak heran kalo dia sering digabungin s ama penyanyi laen di luar Super Junior. Kyuhyun oppa juga suka banget maen game, bahkan dijulukin GameKyu! Sampe-sampe dia sering teriak-teriak waktu malem dan waktu ditanyain Donghae oppa,”Ada apa?”, dia Cuma jawab,“Nggak apa-apa, saya baru aja kalah (maen game)”. Gubrak!! Pernah mengalami kecelakaan bersama 3 member lainnya sele pas syuting Sukira, yang menyebabkan koma sampai membuat hyungnya menangis. Kuliah jurusan music modern di Universitas Kyunghee, termasuk cerdas dan pernah memenangkan lomba olimpiade matematika sewaktu masih sekolah.suara yang dalam, rendah but beautiful and amazing. Magnae yang kelakuannya agak aneh *hobi berbuat kurang ajar sama hyungnya* tapi selalu termaaafkan. Kerja kerasnya menyesuaikan diri  karena bergabung disaat Suju sudah terbentuk sangat bisa diacungi jempol.  Magnae yang sangat disayangi hyungnya karena suaranya menyempurnakan super junior dan selalu membuat tertawa dengan tingkah autisnya. wkwkwkwkwk

Nahhh.. itulah dia hasil pengamatanku tentang Suju,, ternyata panjang juga yaaa.. *baru nyadar*

Yang pasti,, senang rasanya bisa mengenal mereka. 13 orang dengan pribadi yang unik. Selalu merasa terhibur ketika melihat mereka tampil performance ataupun di acara reality dan variety show. Mereka bukan pelawak,, tapi entah kenapa tingkah mereka sering membuat aku tertawa. Bahkan.. pernah aku dibuat terharu menyaksikan persaudaraan yang terjalin diantara 13 orang itu. Outstanding brotherhood *menurutku*. Mereka udah tinggal bareng-bareng di Dorm suju selama kurang lebih 10 tahun,, sejak mereka masih dalam masa training hingga sekarang. Dari situlah terjalin rasa persaudaraan itu.. *jadi ngiri liatnya,, huehehehe..*

Tapi.. Tapi… Tapi… sekarang ini member suju yang aktif hanya 10 orang

Sungmin,, Leetuk,, Heecul,, Eunhyuk,, Donghae,, Siwon,, Kyuhyun,, Yesung,, Donghae,, Ryewook


Kangin sedang menjalani wajib militer selama 2 tahun, Hankyung lebih memilih untuk bersolo karier di negara asalnya China, dan Ki Bum sedang fokus dengan sekolah aktingnya.

Kapan yaaa bisa liat mereka tampil lengkap ber13 lagi kek dulu?…

Yang menarik dari Super Junior itu salah satunya adalah membernya yang banyaaaak ituuu… berasa seruuuu… rameeee ajah kalo mereka lagi kumpul lengkap ber13,, dan ketika ada salah 1 dari mereka yang ga ada,, berasa ada yang kurang pas gituuu..

Dan aku.. sebagai salah satu orang yang menyukai Super Junior… hanya bisa berucap

~13elieve in prom15e, 10ve the remain 10, and prot3ct the missing 3~ 

We’re Super Juni~~~orrrrrrrrr^^ *itulah Yel-yel yang slalu mereka gaungkan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s